Internet - PTI Kelompok 7

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisir di seluruh dunia melalui telepon atau satelit (KBBI). Secara fisik internet juga di deskripsikan seperti jaring laba – laba (the web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri atas titik – titik (node)  yang saling berhubungan dengan komputer , jaringan lokal atau peralatan komunikasi . sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terstrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node sendiri terdiri atas pusat informasi dan database, peralatn komputer dan peralatan interkoneksi jaringan serta peralatan yang digunakan pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.

Di tahun 1960-an , departemen pertahanan dari Amerika Serikat  lewat ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET. Arpanet adalah asal – mulanya sebelum terbentuk teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai di pakai oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghbungkan beberapa kampus atau universitas populer di Amerika Serikat. IP atau internet protokol sendiri mulai di publikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984. Lalu national science

foundation network  (NSFNET) di dirikan dan mulai di kembangkan di tahun 1986.
NSFNET inilah yang mulai menggantikan ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di amerika serikat. Beberapa jaringan di luar negara akhirnya mulai di kembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.
ARPANET  kemudian diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus menerus hingga sekarang ini. Dulu informasi yang dapat dimiliki lewat internet Cuma informasi yang berbasis teks.
Tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang di kenal dengan WWW (world wide web) mulai di kembangkan lagi oleh CERN. Di tahun 1993, interNIC pun di dirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik

Sekarang ini kita banyak menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari apapun di dunia maya, taukah kita selama ini apa saja manfaat dan layanan apa saja yang diberikan. Layanan internet di bagi atas 2 jenis.
Layanan yang ada di internet seperti, 
A. WWW (world wide web)
B .FTP (file transfer protocol)
C. E-MAIL (electronic mail)
D. IRC (inter relax chat)
E. MAILING LIST
F. E-COMMERCE
G.TEL-NET
H. SEARCH ENGINE
I. TELECONFERENCE

WWW (world wide web)

World Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Untuk membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper Text Markup Language (HTML). HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file protokol pengiriman data yang spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator
Tentunya para pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan istilah World Wide Web. Sebagian besar website yang ada di internet menggunakan WWW pada awal nama domainnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh WWW:
•    .ww.google.com
•    .www.maxmanroe.com
•    .www.yahoo.com
•    .www.facebook.com
•    .www.twitter.com • .www.youtube.com • .Dan lain-lain. FTP (file transfer protocol)

FTP atau File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan suatu server di internet. Jadi, kita bisa melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.
FTP umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet
FTP  juga di bagi dua jenis yaitu FTP SERVER dan FTP CLIENT.
client FTP merupakan aplikasi yang bisa mengeluarkan perintah-perintah FTP ke suatu server FTP, sementara server FTP ialah sebuah Windows Service atau daemin yang berjalan di atas sebuah komputer untuk merespons perintah-perintah dari sebuah client FTP.

Perintah-perintah FTP bisa digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, mengunggah berkas komputer ke server FTP, dan juga mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://nameserver. Klien FTP bisa menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

E-MAIL (electronik mail)

E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat menyurat. Hal ini dikarenakan email merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita
mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.
Berikut contoh layanan E-MAIL :
•    G-MAIL
•    YAHOO! MAIL
•    AOL MAIL

IRC (inter relax chat)

Internet Relay Chat adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.Selain berkirim surat, kita juga bisa berkomunikasi atau ngobrol langsung dengan teman atau siapapun dalam waktu yang bersamaan dengan layanan chatting. Kita tinggal menentukan tema yang diminati selanjutnya kita bergabung dengan mengetikkan apa yang ingin kita obrolkan dengan menggunakan keyboard. Orang yang melakukan chatting disebut chatter. Chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chatroom atau berdua saja dalam modus private. Semakin pesatnya perkembangan internet, aplikasi chat terus berkembang sehingga komunikasi tidak hanya dapat terjalin melalui tulisan atau suara saja, tetapi melalui gambar dan suara sekaligus (video conference). Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client seperti salah satu contohnya ialah software mIRC.

Berikut adalah contoh dari IRC :
•    Yahoo Messenger
•    Google Talk
•    mIRC
•    Whats App
•    Live Connect • Line IM.

 MAILING LIST
Mailing list yakni adalah suatu alamat e-mail yang bisa di gunakan oleh pengguna internet dalam melakukan suatu kegiatan saling berbagi maupun tukar menukar berbagai macam informasi. Adapun pesan yang di kirimkan menuju alamat sebuah milis dengan cara otomatis yang selanjutnya akan di teruskan ke alamat e-mail dari setiap anggotanya. Di indonesia Mailing list ini sering di sebut dengan milis.
Pengelompokkan alamat e-mail bisa didefinisikan seperti ketika suatu surat yang di kirimkan menuju lamat ini yang kemudian dengan otomatis mengirimkan itu ke seluruh alamat yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran masuk kedalam database yang terdapat di mesin tersebut.
Selain itu, Mailing list (Milis) bisa membuat surat yang di kirimkan kepada setiap orang bisa di lakukan dengan hanya mengirimkan ke mailing listnya saja. Metode dengan mengirimkan e-mail ini dapat di atur apakah ini bisa di terima oleh semua orang atau langsung dapat di terima.
Berikut adalah contoh dari mailing list : 
•    Group Yahoo yakni  dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk mengikuti mailing list ini dibutuhkan email Yahoo.
•    Group Google yakni dengan alamat groups.google.com. Untuk mengikuti mailing list pada group ini membutuhkan email google atau GMail.

E-COMMERCE
E-Commerce adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. 
Arti E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.
Secara sederhana pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan menggunakan elektronik yang terhubung dengan internet Jenis-Jenis E-commerce
Ada beberapa jenis transaksi di dalam e-commerce ini, antara lain bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen atau konsumen ke bisnis. Karena itu, istilah e-commerce dan e-business selalu dikaitkan.
1.    E-Commerce Business to Business (B2B)
Transaksi e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang samasama memiliki kepentingan bisnis. Dua belah pihak ini saling mengerti dan mengetahui bisnis yang dijalankan.
Umumnya bisnis tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan, atau secara sederhana berlangganan. Contoh sederhana dari B2B ini yaitu produsen dan suplier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi kebutuhan barang, hingga proses pembayarannya.
2.    E-commerce Business to Consumer (B2C)
Business to consumer dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce ini terjadi layaknya jual-beli biasa. Konsumen mendapatkan penawaran produk dan melakukan pembelian secara online.
3.    E-commerce C2C (Konsumen Ke Konsumen).
 Untuk C2C, traksaksi dilakukan oleh konsumen ke konsumen. Kalau Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLXdan sejenisnya, maka inilah yang dinamakan B2C e-commerce.
Transaksi jual beli di lakukan secara online melalui marketplace. Jadi C2C disini menjadi perantara antara penjual dan pembeli.
4.    Consumen to Busines (C2B)
C2B adalah kebalikan B2C yang mana konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.
5.    Media atau Aplikasi E-commerce
Seperti yang dijelaskan dalam pengertian e-commerce diatas, transaksi bisnis ini bergantung pada sejumlah aplikasi dan media online (baca: pengertian media online) lainnya, misalnya katalog, email, shopping carts, eb service, EDI dan file transfer protocol.
Berikut adalah contoh dari e-commerce :
•    AMAZON
•    ALIBABA
•    LAZADA
•    FJB KASKUS

TEL NET 
Telnet merupakan singkatan dari Telecomunication Network. Telnet adalah suatu protokol jaringan yang digunakan internet atau jaringan lokal. Telnet menyediakan komunikasi dua arah yang berbasis teks atau terminal emulator antara client dengan server atau dengan kata lain telnet memungkinakan untuk memberikan perintah, untuk menjalankan perintah, untuk merubah konfigurasi, untuk mengendalikan, dan meremote komputer lain (server) melalui komputer di depan meja kita sendiri (client).
Telnet merupakan program yang dapat memungkinkan komputer penggunanya menjadi terminal dari komputer lain pada jaringan internet. Layanan apa saja dapat dijalankan secara remote. Telnet dapat memungkinkan penggunanya bisa melakukan login sebagai pengguna komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada pada komputer tersebut.
SEARCH ENGINE
Search engine atau mesin pencari adalah sebuah sistem software atau sebuah aplikasi yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersial tertentu dan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di internet. Berbagai informasi ini biasanya tersimpan dalam WWW (World Wide Web), FTP (File Transfer Protocol), atau mailing list yang berada dalam sebuah server. Secara sederhananya, berbagai informasi ini nantinya akan didapatkan dari berbagai situs web, blog, atau forum yang ada di internet. Jadi, ketika pengguna mencari sebuah informasi dengan keyword atau kata kunci tertentu, search engine akan bekerja untuk mengumpulkan informasi-informasi tersebut dan menampilkan yang paling berkualitas untuk penggunanya. Setiap search engine punya kriteria dan mesin tersendiri untuk menentukan mana situs web yang berkualitas terkait dengan keyword yang dicari. Hasil pencarian yang didapat dari search engine ini nantinya akan disebut sebagai SERP atau Search Engine Result Pages.
Cara kerja search engine
Pada dasarnya, cara kerja search engine mirip seperti penggunaan perpustakaan elektronik, dimana ketika kita memasukan nama buku, maka seluruh data yang ada di dalam database muncul di dalam form hasil pencarian. Nah, begitu pula dengan search engine. Bedanya adalah, search engine tersambung ke berbagai server dan juga database di seluruh dunia, untuk dapat memberikan banyaknya pilihan hasil yang direkomendasikan.
Ada dua kriteria pemberian hasil pencarian yang dilakukan oleh sebuah search engine, yaitu :
Relevansi antara keyword dengan isi dari sebuah halaman web, dan Banyaknya pengunjung dari sebuah website.
Berdasarkan kriteria tersebut, maka search engine mampu untuk menampilkan halaman apa saja yang sesuai degnan topic yang dicari. Berikut ini adalah cara kerja dari search engine secara singkat :
1.    User memasukkan keyword atau pencarian pada search engine 
2.    Search engine akan melakukan perhitungan mengenai keyword yang diinginkan –
3.    search engine akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword, dari berbagai macam web yang tersedia
4.    user tinggal memilih web mana yang akan dikunjungi.
CONTOH DARI SEARCH ENGINE :
1.    GOOGLE
Google merupakan salah satu search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh user di seluruh dunia. Apabila membicarakan mengenai search engine, maka google adalah topic utamanya.
Saat ini, penggunaan dari Google sudah mencapai lebih dari bemiliar kali pencarian di seluruh dunia. Hal ini kemudian menimbulkan makna bahwa Google tahu segalanya, dan dapat dengan mudah membantu anda dalam mencari tugas.
2.    YAHOO
Pada awalnya, yahoo search diperuntukan hanya untuk mencari bookmark yang ada di dalam internet, sehingga pencarian menggunakan Yahoo hanya menampilkan hasil berupa halaman yang sering dibookmark.
Namun demikian, hingga saat ini, penggunaan
yahoo sama seperti google, meskipun dari segi penggunaan user dan juga penghasilan masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan google.
3.    BING
Bing merupakan search engine lainnya yang saat ini mulai banyak digunakan. Bing merupakan keturunan dari MSN Search dan juga Live Search, yang merupakan program yang bernaung di bawah induk Microsoft, salah satu raksasa teknologi besar di dunia.
Namun demikian, meskipun merupakan
program yang dikembangkan oleh Microsoft, penggunaan Bing masih kalah juga dengan penggunaan Google sebagai search engine.
4.    ASK
Saat ini penggunaan search engine dengan menggunakan ask sudah mulai banyak digunakan oleh user internet di dunia.  

TELECONFERENCE.
Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
Berikut adalah beberapa contoh aplikasi teleconference.
•    SKYPEE
•    OOVOO
•    GOOGLE HANGOUT
•    FACEBOOK VIDEO CHAT
•    Dan sebegainya

INTERNET TELEPHONY  Internet telephony atau IP telephony merupakan konsep penggunaan jaringan internet untuk melewatkan sinyal telepon dengan delay yang dapat diterima (masih dalam batas toleransi pendengaran manusia).
Bentuk aplikasi internet telephony dapat berupa :
•    Komputer ke pesawat telepon
•    Pesawat telepon ke komputer
•    Komputer ke faksimili
•    Faksimili ke komputerAntar komputer
•    Antar pesawat telepon
•    Antar faksimil
Alasan utama berkembangnya internet telephony adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan percakapan lebih murah dari pada percakapan menggunakan saluran telepon biasa, terutama untuk percakapan jarak jauh. Selain itu, dengan teknologi ini dapat dilakukan videoconferencing, pemakaian dokumen bersama, serta pemakaian aplikasi dan white-board bersama.

E-BANKING
Internet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Merupakan kegiatan perbankan yang memanfaatkan teknologi internet sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi lainnya melalui website milik bank. Kegiatan ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dengan bank tanpa harus mendatangi kantor bank. Nasabah dapat menggunakan perangkat komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet sebagai penghubung antara perangkat nasabah dengan sistem bank.
 Contoh dari layanan E-Banking adalah:
•    ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine”
•    Sistem Aplikasi Perbankan (Banking Application System)
•    Sistem penyelesaian Bruto waktu nyata (Real Time Gross
Settlement System)
•    Perbankan Daring (Internet Banking)
•    Sistem klirik elektronik

0 Response to "Internet - PTI Kelompok 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel